TEXT LINK

No. 572 : Doa - Memberitahu Tuhan (Elisha A. Hoffman)


Links

Lirik :

1. Semua d'ritaku, b'ri tahu Tuhan,
    tak sanggup ku tanggung sendiri;
    Tuhan menghibur, waktu sengsara,
    seka air mata, b'ri simpati.

    Koor: B'ri tahu Tuhan! B'ri tahu Tuhan!
    Curah isi hati pada-Nya,
    B'ri tahu Tuhan! B'ri tahu Tuhan!
    Dia yang tahu, beri hibur.

2. Semua susahku, b'ri tahu Tuhan,
    tak bisa aku hadapinya,
    S'mua perkaraku, Dia yang pikul,
    ku rasa lega dan terhibur.

3. Semua kurangku, b'ri tahu Tuhan,
    tak mampu aku buang kuatirku,
    Semua perluku, Tuhan puaskan,
    nikmat kaya-Nya limpah sungguh.

4. Semua lemahku, b'ri tahu Tuhan,
    tak dapat aku lawan nafsu,
    S'mua ikatanku, Tuhan yang bantu,
    ku bebas dari hukum dosa.
    
5. S'mua cobaanku, b'ri tahu Tuhan,
    tak sanggup aku lawan Iblis,
    Tuhan dicobai, sama denganku,
    hanya Dia mampu bebaskanku.

Keterangan:

Ibr 2:18 "Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, 
maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai."

Penulis kidung ini, Elisha A Hoffman, menceritakan kisa penulisan kidung ini sbb :
Pada masa pelayanan di Lebanon, Pennsylvania, ada seorang perempuan yang 
diijinkan Tuhan untuk mengalami banyak penderitaan. Ketika saya datang ke 
rumahnya suatu hari, saya melihat bahwa ia sangat putus asa. Dia menceritakan masalahnya 
dan bertanya,"Saudara Hoffman, apa yang harus kulakukan ? Apa yang harus kulakukan?" 
Saya mengatakan suatu ayat, dan menambahkan "Anda tidak bisa melakukan yang lebih 
baik daripada membawa semua penderitaan itu kepada Yesus. Anda harus memberitahu Yesus,"

Untuk beberapa saat dia seperti hilang dalam pemikirannya. Kemudian matanya menjadi 
terang ketika dia berseru, "Ya, aku harus memberitahu Tuhan,"
Setelah saya pulang dari rumahnya, saya memiliki gambaran wajah yang dipenuhi dengan s
ukacita itu, dan dalam perjalanan pulang saya mendengar gema "Aku harus memberitahu 
Yesus, ...Aku harus memberitahu Yesus" "

Di rumahnya, Pdt Hoffman menuliskan lirik itu dengan cepat dan kini menjadi salah satu k
idungnya yang paling disukai. Tidak lama kemudian dia membuat musik untuk kidung ini. 
Meskipun Mr. Hoffman tidak pernah mengenyam pendidikan formal dalam musik, 
dia telah menulis lebih dari 2000 kidung injil. Melalui kidung-kidungnya, Elisha Hoffman 
melayani lebih efektif kepada sangat banyak orang di seluruh dunia.

Other Languages

Source: http://www.hymnal.net/hymn.php/h/787#ixzz1wMTT1nQj