TEXT LINK

No. 252 : Bukti dan Sukacita Beroleh Selamat - Diselamatkan oleh Kasih Karunia



Lirik:

1. Di tanah Mesir menghamba, tak kenal tenteram,
    Sanubari siang malam tanggung b'rat dosa;
    Ingin bebas, cari ringan, malah tambah berat,
    Kasi'an b'lum mendengar, tanah permai!

    Koor: Gunung megah ku tanjak, di tengah siang bolong,
    Sumber hidup ku sesap, tiada berputus,
    Limpah ku dapat susu, madu, lemak, kurnia tak kurang,
    Di tanah permai, berhuniku.

2. Untung Domba Paskah dib'ri, tertebus darah-Nya,
    Demi baptis, lepas Mesir, menempuh padang;
    Ada cobaan, ada t'naga, atau liku jalan,
    Tak beriman masuk tanah permai?

3. Bersama duduk di surga, Kristus yang mengangkat,
    Kuasa awang remuk redam, Satan gemetar;
    Nama Tuhan memang jaya, alam maut tak daya;
    Menang mutlak pada tanah permai!

4. Sentosa tak kunjung hingga, riang tiada lawan,
    Duka sirna, sepi lenyap, teduhlah mutlak;
    Mesra sayang, nyanyi riang, bersekutu girang,
    Haleluya, 'nilah tanah permai!

Link:

Category:Assurance and Joy of Salvation
Subcategory:Satisfied with Christ
Lyrics:Charles Austin Miles (1868-1946)
Music:Charles Austin Miles (1868-1946)
Time: 4/4
Key: Bb Major
Meter: Peculiar Meter.
Hymn Code:12165653565435
Notes:Beulah means Married in Hebrew (cf. Isaiah 62:4)
Music (MIDI)
Tune (MIDI)
Music (MP3)
Lead Sheet (Guitar)
Lead Sheet (Piano)
Piano Sheet Music

Apresiasi :

Charles Austin Miles (7 Januari 1868, Lakehurst, NJ - 10 Maret 1946, Philadelphia, PA) adalah seorang penulis lagu-lagu gospel Amerika.
Ia belajar di Philadelphia College of Pharmacy dan University of Pennsylvania. Pada 1892, ia berhenti berlatih sebagai seorang apotekber. Lagu Injil pertamanya, "List! 'Tis Jesus' Voice", diterbitkan oleh Hall-Mack Company. Dia bekerja sebagai editor dan manajer di Hall-Mack selama 37 tahun. Dia dimakamkan di Hillcrest Memorial Park, Sewell, NJ.
Dia berkata, "Ini adalah sebagai penulis lagu-lagu gospel yang saya banggakan untuk diketahui, karena dengan cara itu saya mungkin paling berguna bagi Guru saya, yang saya layani dengan sukarela meskipun tidak seefisien keinginan saya".  Dia menulis setidaknya 398 lagu, dan musik untuk setidaknya 8 lagu.
Lagu yang paling terkenal mungkin "In the Garden" (1912); kadang-kadang dikenal dengan baris pertamanya, "I Come to the Garden Alone". Ini telah dimasukkan dalam 210 himnedan dicatat beberapa kali.
BAIT 1 
Di tanah Mesir menghamba, tak kenal tenteram
Sanubari siang malam tanggung b’rat dosa
Ingin bebas, cari ringan, malah tambah berat
Kasian b’lum mendengar, tanah permai! 

“Di tanah Mesir menghamba, tak kenal tenteram”
Ini berbicara mengenai perbudakan terhadap orang Israel dalam KitabKeluaran. Mereka lahir di Kanaan, namun karena kekurangan makanan, mereka terpaksa turun ke Mesir, dan akhirnya diperbudak. Dengan ini kita dapat nampak bahwa orang bisa diperbudak karena nafkah atau untuk mempertahankan kelangsungan hidup.
Mesir menurut Alkitab adalah kenikmatan dunia. Orang-orang dunia tertarik dengan hiburan karena menginginkan hidup yang lebih baik.  Tidak hanya hiburan, dalam hal pendidikan atau pelatihan pun juga demikian demi kelangsungan hidup yang lebih baik.
Pada akhirnya, apa yang dipunyai, yang diinginkan demi kelangsungan hidup tidak dapat memuaskan. Awalnya sepertinya membuat hati tenteram, tapi pada akhirnya tidak ada yang memuaskan hati manusia.
“Sanubari siang malam  tanggung b’rat dosa”
Karena banyak sekali hal yang menduduki, dunia, mamon dan yang lainnya sehingga setiap saat diperbudak. Layaknya hari ini, jika terus berada dalam perbudakan, apa yang di rasakan seperti ada dosa yang tak dapat bisa lepas. Setiap saat diduduki dan yang ditanggung hanyalah dosa.
“Ingin bebas, cari ringan, malah tambah berat “ 
Orang Israel ingin mencari kebebasan tetapi dalam Keluaran 1: 13 “Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja“. Kata kejam dapat diartikan dengan kekerasan. Ini menunjukkan bahwa Israel tidak memiliki kemerdekaan, hak dan perhentian. Tak peduli bagaimana keadaan mereka, tetap diperbudak. Mereka  harus melakukan apa yang Firaun perintahkan. 

“Kasian b’lum mendengar, tanah permai!“

BAIT 2 
Untung Domba Paskah dib’ri, tertebus darahNya
Demi baptis, lepas Mesir menempuh padang
Ada cobaan, ada t’naga atau liku jalan
Tak beriman masuk tanah permai

“Untung Domba Paskah dib’ri, tertebus darahNya”
Dalam Keluaran 12 : 3 “Katakanlah kepada segenap Jemaah Israel : Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.”
Melalui Kristus sebagai domba paskah adalah suatu lambang yang almuhit dari Kristus sebagai penebusan kita untuk memulai pengalaman akan keselamatan Allah. Tanpa ada darahNya yang tercurah, kita tidak dapat diselamatkan dari dosa. Puji Tuhan hari ini, Dia sebagai Domba Paskah kita.
“Demi baptis, lepasMesirmenempuhpadang”
Untuk mendapatkan kebebasan dari perbudakan, perlu disisihkan.Hari inisebagai umat manusia yang mengasihi Allah pun perlu disisihkan dari dunia yaitu di dalam kebangkitan Kristus.
“Ada cobaan, adat’naga atau liku jalan,Tak beriman masuk tanah permai”
Seringkali ketika sudah dipisahkan dari dunia, berada di dalam kebangkitan Kristus, masih banyak hal yang mencobai kita, suatu situasi yang sulit. Sebelumnya kita yang sudah diselamatkan, sudah berada di padang tetapi karena berbagai situasi yang sulit membuat iman kembali goyah. Tanah permai itu adalah Kristus itu sendiri. Seharusnya sebagai anak Allah perlu ada iman datang dan menikmati Kristus sebagai tanah permai kita.

KOOR

Dalam koor kidung ini, sang penulis membawa kita melihat bahwa ketika kita tinggal di dalam tanah permai, hal ini meandakan bahwa kita sedang menikmati Kristus sebagai makanan dan minuman kita dari persediaan yang melimpah.

Saat Yesus berjalan keliling Galilea dan hari itu adalah hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun. Dia menyatakan Diri-Nya sebagai Air Hidup bagi setiap orang yang haus dan mencari-Nya.
• Yohanes 7:37 - Pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru, "Siapa saja yang haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! 
• Yohanes 7:38 - Siapa saja yang percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

Bahkan Dia juga mewahyukan bahwa air yang diberikan oleh-Nya akan menjadi mata air yang terus-menerus memancar sampai pada hidup yang kekal.
• Yohanes 4:14 - tetapi siapa saja yang minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai pada hidup yang kekal."

Dalam Keluaran 17:6, Batu karang yang dipukul dan terbelah untuk mengalirkan air hidup bagi umat pilihan Allah adalah batu karang yang bersifat fisik. Tetapi rasul menyebutnya batu karang rohani, karena batu karang ini melambangkan Kristus, yang dipukul dan terbelah oleh Allah demi mengalirkan air hayat untuk memuaskan dahaga kaum beriman-Nya dan Kristus sebagai batu karang sejati mengikuti kaum beriman-Nya. 
• 1 Korintus 10:4 - dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus. 

Wahyu 2:17(2)
Manna melambangkan Kristus sebagai makanan surgawi yang membuat umat Allah sanggup menempuh jalan-Nya. Manna yang terbuka diberikan kepada umat Tuhan untuk dinikmati secara terbuka; manna yang tersembunyi melambangkan Kristus yang tersembunyi, adalah bagian yang istimewa, tersimpan untuk para pencari-Nya yang menang. Dalam kehidupan gereja hari ini, kalau kita kehilangan Dia sebagai bagian istimewa kita, kita pasti tidak bisa menikmati-Nya sebagai pahala dalam kerajaan yang akan datang. 

Dia yang turun berinkarnasi menjadi tubuh daging juga melalui proses untuk menjadi roti yang benar dan memberikan hidup kepada dunia.
• Yohanes 6:32 - Lalu kata Yesus kepada mereka, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, bukan Musa yang memberikan kamu roti dari surga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari surga. 
• Yohanes 6:33 - Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari surga dan yang memberi hidup kepada dunia." 
• Yohanes 6:34 - Maka kata mereka kepada-Nya, "Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa." 
• Yohanes 6:35 - Kata Yesus kepada mereka, "Akulah roti kehidupan; siapa saja yang datang kepada-Ku, ia tidak akan pernah lapar lagi, dan siapa saja yang percaya kepada-Ku, ia tidak akan pernah haus lagi.

BAIT 3
Haleluya, I am safely sheltered here, protected by God's hand and the important poin is I am safe forever in Beulah Land.
• 1 Petrus 5:6 - Karena itu, rendahkanlah dirimu di bawahtangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.
• Ibrani 7:25 - Karena itu, Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang melalui Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

Tapi ada satu hal juga yang perlu kita perhatikan dan ingat, untuk menikmati semuanya itu kita harus memiliki iman, dengan demikian kita akan menyadari bahwa kita jauh dari Tuhan ketika kita berada dalam  tubuh jasmani.
• 2 Korintus 5:7 -- sebabhidup kami ini adalah hidup berdasarkan iman, bukan berdasarkan apa yang kelihatan –
• 2 Korintus 4:18 - Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tidak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tidak kelihatan adalah kekal. 
• Yohanes 20:29 - Kata Yesus kepadanya, "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."


BAIT4
Dalam bait terakhir ini sang penulis juga memaparkan bahwa kuncinya adalah tinggal di dalam roh untuk menikmati setiap kelimpahan tanah permai. Sang penulis juga memberikan kesan, bahwa hasil dari menikmati tanah permai adalah dia belajar apa itu keselamatan penuh dan dengan senang hati akan tinggal di tanah permai.
• Roma 8:9 - Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah tinggal di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. 
• 1 Korintus 6:17 - Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.
• 2 Korintus 3:17 - Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Tuhan, di situ ada kemerdekaan. 




• Yohanes 6:63 - Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. 


No comments:

Post a Comment